• Dahsyatnya Istigfar



    Bismillahirrohmanirrohim...
    Ada orang yang mengeluhkan kemiskinan kepadaNya. Maka ia berkata, "Beristigfarlah memohon ampunan kepada Allah." Datang pula orang lain yang berkata kepadanya, "Doakanlah Kepada Allah agar Dia berkenan mengaruniaiku anak!" Maka ia pun menjawab, " Beristigfarlah memohon ampunan kepada Allah!" Orang lain datang mengadukan kebunnya kering. Ia juga menjawab, "Beristigfarlah memohon ampunan kepada Allah!"

    Maka, Rabi' bin Shabih berkata kepadanya, "banyak orang datang kepadamu mengeluhkan berbagai masalah, namun engkau menyuruh mereka semua supaya beristigfar?" Hasan menjawab, " sama sekali aku tidak memberi saran berdasarkan pikiranku sendiri. akan tetapi, sesungguhnya Alla SWT berfirman dalam surat Nuh, " Maka aku katakan kepada mereka, 'Mohonlah ampun kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia addalah Maha pengampun. Niscahya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkkan harta dan anak -anakmu, dan mengadakan untukmu kebun - kebun, dan mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai - sungai. (Nuh: 10-12)

    Ada seseorang kepada Hasan al- Basri, "tidakkah seharusnya masing - masing dari kita malu kepada Rabbnya? Kita selalu melakukan dosa, kemudian beristigfar, kemudian kita melakukan dosa itu sekali lagi, lantas kita beristigfar lagi, demikian seterusnya?"

    Maka Hasan al- Bashri menjawab, "setan ingin agar berhasil menggoda kalian untuk bersikap sepeti ini.janganlah sekali - kali  kalian meniggalkan istigfar"

    Begitu sobat, ternyata manfaat istighfar sangatlah luar... biasa ! Berbagai permasalahan dapat diatasi dengan istigfar, insyaAllah.
    Selain beberapa manfaat sebagaimana yang dijelaskan pada ayat di atas, ternyata istighfar juga memiliki manfaat yang dahsyat yang lain.
    Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda, 
    "Barang siapa yang banyak beristighfar, niscahya Allah akan memberikan kelapangan baginya dari setiap kecemasan, jalan keluar dari setiap kesempitan, serta memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka - sangkanya." (Riwayat Ahmad)
    Jadi tunggu apa lagi ? mari kita bersama mendulang manfaat dengan banyak istighfar. (*) :)
  • 0 komentar:

    Posting Komentar